Dinas


Loading...
Memuat Halaman, Mohon tunggu lur!

Di Publish AAM ( 29/04/2024 )


DISDIKBUD – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang diundang oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Pascasarjana PAUD Universitas Pancasakti. Kegiatan mengambil tema “Lokakarya Peningkatan Kemampuan Pendidik Anak Usia Dini Dalam Memfasilitasi Anak Dengan Kebutuhan Khusus Pada Satuan Pendidikan Inklusi”.

 

Selain Disdikbud Jombang, Lokakarya ini didukung juga oleh Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Jombang, Yayasan Pendidikan Islam AL-IMAN, dan Komunitas Sekolah Penggerak Jombang (SEPAJO). Kegiatan ini mengundang 150 pendidik PAUD untuk diberikan arahan dalam mengurus anak berkebutuhan khusus. 


 

Pemateri yang diundang Pada Senin (29/4) pagi, merupakan pakar psikolog anak yakni Budi Pranoto dan Doktor Pendidikan Anak Usia Dini, yakni Hamid Patilima. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekertaris Disdikbud Jombang, Dian Yunitasari. Ia dalam sambutannya megatakan bahwa poin penting sebagai pendidik adalah untuk membentuk karakter anak.

 

“Sekolah di Kabupaten Jombang harus fasilitasi anak berkebutuhan khusus agar memiliki hak yang sama di sekolah umum,”.

 

Selain itu, Hamid Patilima juga menegaskan bahwa tindak kekerasan pada anak itu dilarang dalam UUD 1945 Pasal 22B  Ayat 2 yang berbunyi Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

 

“Sejak 18 Agustus 2000, berkata kasar pada anak saja tidak boleh,” tegasnya.


 

Disisi lain, pemateri kedua yakni Budi Pranoto menjelaskan dan memberi contoh kepada pendidik PAUD agar bisa mengidentifikasi apakah anak didiknya mempunyai kebutuhan khusus. Ia mengatakan bahwa salah satu hal yang penting dilakukan oleh pendidik PAUD adalah screening, tujuannya adalah untuk mendapat informasi kesehatan anak apakah anak itu normal atau memiliki gangguan. 

 

“Idealnya anak harus mengalami fase merangkak pada umur 7-8 bulan, jika anak yang tidak mengalami masa merangkak dan langsung berdiri, maka itu adalah tanda-tanda gangguan,” ucapnya. can/am